Tuesday, August 21, 2012

Manfaat Daun Sirsak Untuk Asam Urat

Manfaat daun sirsak  ternyata sangat banyak. Bagi anda yang menderita asam urat, dengan nyeri yang sangat ngilu di persendian anda, mungkin daun sirsak bisa anda pertimbangkan untuk mengobatinya. Sebelumnya kita telah membahas manfaat daun sirsak untuk pengobatan kanker, maka pada pembahasan kali ini kita akan mengulas manfaat daun sirsak untuk asam urat.

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli kesehatan berhasil mengungkap sebuah fakta, ternyata ektrak daun buah sirsak terbukti efektif untuk mengobati asam urat. Fakta ini sekaligus menegaskan jika hampir seluruh bagian tumbuhan sirsak bisa kita manfaatkan.

 Sejarah Tanaman Sirsak

manfaat daun sirsak
Gambar : Google Image
Tanaman sirsak sendiri sebenarnya berasal dari kepulauan Karibia, Amerika Serikat dan masuk ke Indonesia melalui kolonial hindia-belanda pada abad ke-19. Tanaman ini bisa tumbuh hampir di semua tempat, akan tetapi akan lebih maksimal jika berada di daerah berair.

Nama sirsak diambil dari kata zuurzak (belanda), akan tetapi lidah orang Indonesia menyebutnya dengan kata sirsak. Tanaman sirsak utamanya diambil daging buahnya, tapi siapa yang menyangka ternyata daun dari tanaman ini bisa digunakan untuk mengobati asam urat.

Cara Mengolah Daun Sirsak Untuk Asam Urat

Untuk membuat ramuan asam urat dari daun sirsak caranya cukup mudah. Bersihkan 6-10 lembar daun sirsak dengan air mengalir. Rebus daun tersebut dengan 2 gelas air, dan biarkan hingga tinggal segelas saja. Kemudian minum dua kali sehari pagi dan malam secara teratur.

Agar sari-sari daun sirsak lebih maksimal, sebelum direbus potonglah daun sirsak menjadi beberapa bagian. Dengan begitu nutrisi dari daun sirsak bisa bercampur dengan air secara maksimal. Itulah ramuan alami untuk mengobati asam urat tentu saja dengan biaya yang sangat murah meriah. Itulah khasiat dan cara pengolahan daun sirsak bagi asam urat, selamat merasakan manfaat daun sirsak.

No comments:

Post a Comment